Beranda » Organisasi Madrasah » Kurikulum » Prog. Kerja Kurikulum

Prog. Kerja Kurikulum

KATA PENGANTAR

Atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa, Alhamdulillah kita dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum untuk tahun pelajaran 2012/2013. 

Tugas dan Fungsi Waka Bidang Kurikulum adalah; (1) menjabarkan kurikulum menjadi program operasional pembelajaran di madrasah melalui analisis kurikulum, sinkronisasi, menetapkan kurikulum validasi;  (2) menetapkan program pembelajaran, jadwal kegiatan, pembagian  tugas  mengajar,  jadwal  pelajaran  dan  bahan  ajar;  (3)  mengorganisasi/  mengkoordinasi  kbm  baik  normatif,  adaptif maupun  produktif  yang  terdiri  dari  :  persiapan  KBM,  pelaksanaan  KBM,  evaluasi  hasil  belajar,  analisis  hasil  evaluasi  belajar, perbaikan  dan  pengayaan;  (4)  mengelola  administrasi  pendidikan/  pengajaran;  dan  (5)  merencanakan  dan  menyusun  program pengembangan kurikulum.

Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja ini tidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Waka Kurikulum selama tahun pelajaran 2012/2013. Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja ini akan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Misi MTs. Darul Ulum 2 Mlangi Widang Tuban.

Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran dan kritikan yang bersifat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.

 Standar Pelayanan Minimal (SPM) Wakil Kepala Bidang Kurikulum

Tugas pokok Wakil Kepala Madrasah kurikulum adalah membantu Kepala Madrasah dalam bidang akademik. Tugasnya antara lain :
1. Membuat program kerja tahunan.
2. Membuat kalender kegitan madrasah.
3. Menyusun jadwal supervisi akademis dan administrasi.
4. Menyusun pembagian tugas guru mengajar.
5. Memantau jurnal kelas.
6. Membuat daftar nama wali kelas dan piket.
7. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program tahunan, semester, RPP, silabus.
8. Memantau pelaksanaan proses belajar mengajar (intra dan Ekstra).
9. Menentukan kriteria kenaikan kelas bekerjasama dengan para wakil dan staf.
10. Bekerjasama dengan bidang kesiswaan untuk menyusun/ pembagian kelas.
11. Mengusulkan kepada kepala madrasah untuk penugasan guru.
12. Mengkoordinasikan dan memeriksa pengisian rapor yang dilakukan oleh para wali kelas.
13. Mengkoordinasikan kenaikan kelas dan kelulusan
14. Mendata dan mengevaluasi program semester, tahunan, RPP, analisisa indikator, KKM, Alokasi waktu.
15. Mengkoordinasikan kegiatan MGMP
16. Mengatur jadwal penerimaan rapor dan STTB

 RINCIAN PROGRAM WAKA KURIKULUM MTs  

 A. LATAR BELAKANG

Sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

MTs. Darul Ulum 2 Widang Tuban sebagai salah satu instansi yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama.

 B. DASAR HUKUM

  1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
  3. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal 04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
  5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 084/U/2002, Tentang Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester
  6. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.

 C. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud penyusunan program kerja ini adalah :

  • Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum KTSP
  • Terlaksananya pembelajaran dengan moving class secara tertib
  • Terpenuhinya fasilitas media pembelajaran tiap ruang bidang studi
  • Tercapainya hasil evaluasi pembelajaran 75 % diatas KKM

Tujuan program kerja ini :

  • Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas pembelajaran
  • Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  • Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja Guru

D.  RINCIAN KEGIATAN PROGRAM KURIKULUM

Dalam pelaksanaan program kurikulum telah disusun beberapa langkah penyusunan strategi program sebagai berikut:

Strategi 1, rincan kegiatan :

1. Penyusunan Kalender Pendidikan

2. Perencanaan dan Pembagian Kelas

3. Pembagian Tugas Mengajar

4. Pembagian Tugas Tambahan

5. Penyusunan Jadwal Mengajar

6. Penyusunan program dan perangkat pembelajaran

Strategi 2, rincian kegiatan :

1. Pengadaan buku penunjang guru

  • pendataan kebutuhan buku
  • perencanaan kebutuhan pengadaan buku
  • pembelian buku
  • infentarisasi buku

2. Pengadaan media pembelajaran untuk masing-masing bidang studi

  • pendataan media pembelajaran yang diperlukan
  • perencanaan kebutuhan bahan
  • pembuatan media pembelajaran

3. Pengadaan bahan/alat praktikum untuk laboratorium komputer

  • pendataan kebutuhan bahan/alat
  • perencanaan kebutuhan pengadaan bahan/alat
  • pembelian bahan/alat

Strategi 3, rincian kegiatan :

1. Pembuatan jurnal kelas

2. Pengaktifan ketertiban guru dan siswa

3. Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar

4. Mengoptimalkan tugas guru piket

5. Perencanaan Supervisi kelas oleh kepala madrasah

Strategi 4, rincian kegiatan :

  1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran (Ulangan Harian & Ulangan Blok)
  2. Pembuatan LHBS duplikat
  3. Pembuatan rekap hasil evaluasi (Ulangan Blok Tengah dan Akhir Semester)
  4. Pembuatan Data NUN input dan output
  5. Pendataan siswa yang kurang berprestasi di bidang akademik untuk mendapatkan bimbingan dari guru BK
  6. Pendataan siswa berprestasi 

E. PROGRAM KERJA

 Sasaran/Target :

  1. Meningkatkan rata-rata jumlah Nilai Ujian Nasional (Pusat) untuk setiap mapel  0,5
  2. Meningkatnya jumlah siswa yang diterima di SMA /MA negeri atau favoriT
  3. Meningkatnya kegiatan belajar di perpustakaan
  4. Meningkatnya prestasi dan jumlah perolehan kejuaraan olahraga, seni, dan mapel

Kekuatan/Pendukung Program :

1. Jumlah guru memadai

2. Jumlah siswa sesuai dengan pagu

3. Alat peraga cukup memadai

4. Dukungan dana masyarakat menunjang

5. Buku Pegangan Guru dan siswa cukup

Kelemahan/Penghambat Program :

1. NUN input rata-rata rendah

2. Motivasi belajar siswa rendah

3. Pengaruh negatif media elektronik

Rincian Kegiatan :

1. Penyusunan Program Sukses UN

2. Pemberitahuan kepada Orangtua/Wali Siswa

3. Penjadwalan kegiatan

4. Penyediaan buku-buku soal untuk diujicobakan

5. Pembuatan rangkuman materi atau soal tambahan (Diktat Materi)

6. Pengaktifan pelaksanaan

7. Pelaksanaan intensifikasi khusus ( listening & materi mapel yang kurang )

8. Pemberian tambahan transport kepada guru yang terkait

9. Evaluasi pelaksanaan program

10. Pelaporan hasil intensifikasi

Strategi-Strategi :

Strategi 1 dan 2 : Meningkatkan uji coba Ujian Nasional

Rincian Kegiatan :

1. Mengevaluasi hasil UN tahun lalu

2. Menyusun jadwal uji coba

3. Melaksanakan uji coba UN ( Minimal 3 x 1 th. )

4. Mengevaluasi hasil uji coba

5. Menindaklanjuti hasil uji coba

6. Memberikan tambahan transport kepada guru yang terkait

7. Mengevaluasi pelaksanaan uji coba

8. Melaporkan hasil ujicoba

Strategi 3 : Meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah

Rincian Kegiatan :

1. Menginventaris kekurangan kebutuhan buku penunjang untuk siswa utamanya untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan Ujian Nasional (UN)

2. Penambahan buku penunjang dan latihan soal untuk mata pelajaran UN

3. Penambahan buku pengetahuan umum dan berbahasa inggris

4. Pengadaan Koran & majalah yang diperlukan siswa

5. Pengadaan buku leteratur untuk mata pelajaran berorientasi kelas internasional

6. Pengadaan layanan perpustakaan dengan komputer

7. Memberikan tambahan transport kepada petugas yang terkait

Strategi 4 : Mengefektifkan kegiatan olimpiade & ektrakurikuler akademik

Rincian Kegiatan :

1. Pendataan siswa peserta kegiatan olimpiade mata pelajaran ekstrakurikuler bahasa inggris dan ekstrakurikuler komputer

2. Pembagian kelompok (sesuai dengan bidang keahlian dan ketrampilannya)

3. Penyusunan jadwal kegiatan latihan/tes

4. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan

5. Evaluasi dan pelaporan kegiatan

6. Mengikutsertakan dalam kegiatan lomba

7. Memberikan tambahan transport kepada petugas yang terkait

Strategi 5 : Pemberian Layanan Terhadap Siswa Berprestasi

Rincian Kegiatan :

1. Pendataan siswa reguler yang mengikuti layanan pretasi

2. Penyusunan program layanan prestasi

3. Pendataan guru Pembina layanan prestasi

4. Penyusunan jadwal pembinaan

5. Melaksanakan pembinaan

6. Melaksanakan tindak lanjut hasil tes setelah pembinaan dengan mengikutsertakan dalam lomba

7. Pemberian beasiswa untuk semua tingkat kelas

8. Pemberian penghargaan siswa berprestasi akademik (peringkat paralel) pada

masing-masing tingkat kelas

Strategi 6 : Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR) (bila anggaran memungkinkan)

Rincian Kegiatan :

1. Pendataan siswa yang berminat/berpotensi dalam penyusunan karya ilmiah

2. Pembagian kelompok (sesuai dengan bidang keahlian dan ketrampilannya)

3. Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan/pembekalan dalam KIR

4. Penyusunan jadwal pembinaan

5. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan

6. Evaluasi dan pelaporan kegiatan

7. Mengikutsertakan dalam kegiatan lomba

8. Memberikan tambahan transport kepada nara sumber dan petugas yang terkait

PROGRAM KERJA-3

Nama Program : Pengembangan Profesionalisme Pelaku Pendidikan

Sasaran/Target :

  • Terlaksananya Proses Pemebelajaran sesuai dengan pengembangan kurikulum yang berlaku
  • Meningkatnya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran
  • Terlaksananya kegiatan penelitian tindakan kelas
  • Terlaksananya pembelajaran berbasis TIK
  • Terlaksananya kegiatan workshop

Kekuatan/Pendukung Program :

1. Adanya beberapa guru yang telah mengikuti work shop KTSP, life skill, dan karakter

2. Sarana dan prasarana pembelajaran memadai

3. Tenaga edukatif memiliki semangat dan dedikasi yang cukup

Kelemahan/ Penghambat Program :

1. Jumlah tenaga edukatif kurang sesuai dengan kebutuhan

2. Motivasi belajar siswa kurang

Strategi 1 : Pengembangan Profesionalisme Guru (KBM)

Rincian Kegiatan :

1. Mendata guru masing-masing mata pelajaran

2. Membentuk Koordinator mata pelajaran

3. Mengirimkan guru untuk mengikuti MGMP Kabupaten/Workshop

4. Membuat jadwal kegiatan MGMP

5. Melengkapi perangkat mengajar

6. Membahas materi pembelajaran dan metode yang sesuai dengan KTSP

7. Mengevaluasi hasil kegiatan

8. Mengikutsertakan guru untuk diklat peningkatan profesionalisme sesuai dengan mapelnya

9. Menindaklanjuti hasil kegiatan dengan mengadakan workshop

Strategi 2 : Pembinaan Penelitian Tindakan Kelas (bila anggaran memungkinkan)

Rincian Kegiatan :

1. Pendataan guru yang bersedia melaksanakan penelitian tindakan kelas

2. Pembagian kelompok sesuai dengan kelompok mata pelajaran

3. Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan/pembekalan PTK

4. Penyusunan jadwal pembinaan

5. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan

6. Evaluasi dan pelaporan kegiatan

7. Memberikan tambahan transport kepada nara sumber dan petugas yang terkait

Strategi 3 : Pembinaan profesionalisme pelaku pendidikan (Non KBM)

Rincian Kegiatan :

1. Pengadaan rapat dinas untuk mennyampaikan informasi dan pembinaan melalui: a. rapat rutin bulanan; b. rapat tahunan; c. rapat insidental

2. Pengadaan seleksi guru berprestasi dan pengusulan ujian calon kepala sekolah    melalui seleksi tingkat sekolah

3. Mengikutsertakan guru dan pegawai untuk diklat peningkatan profesionalisme sesuai dengan bidang keahliannya

4. Mengusulkan dan menyalurkan subsidi KJM untuk GT dan insentif GTT dari pemerintah kepada yang berhak menerima

5. Membiayai perjalanan dinas Kepala Madrasah

6. Mengikutsertakan pelaku pendidikan dalam diklat mapel/ketrampilan

 PROGRAM KERJA-4

Nama Program : Persiapan Kelas Unggulan

Sasaran/Target :

  • Kesiapan pelaku pendidikan untuk membuka Kelas Unggulan
  • Kesiapan sarana/prasarana untuk pembelajaran
  • Kesiapan kurikulum Kelas Unggulan
  •  Terlaksananya kegiatan kunjungan kerja

Berikut ini dilampirkan jadwal program kerja kurikulum:

Jadwal Prog Kerja Kur12-13

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Arsip

Kategori

Komentar Terkini

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: